Sunday, April 6, 2014

Mad for BUBBLE

Hello! let's start our food journey with something sweet!

BUBBLE. Yup! siapa yang tidak menyukai bubble? Bubble atau tapioca ball adalah topping yang terbuat dari tepung tapioka, berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang kenyal dimulut. Diawali dengan munculnya berbagai macam bubble tea, kini muncul cara lain dalam mengkonsumsi bubble, yaitu dengan es serut. Selain bubble, ada banyak juga topping lain yang dapat dipilih, yaitu Q Ball (sweet potato and taro ball), egg pudding, red bean, yam, grass jelly, ice cream, mochi, dan lain-lain.


Sebut saja Hong Tang, siapa yang kini tidak mengenal Hong Tang? merek ini dapat dikatakan sebagai pelopor utama dalam cara baru penyaijan bubble. Sebenarnya, merek pertama yang memulai usaha ini adalah Blackball. Namun sayangnya nama ini kurang booming, hingga akhirnya muncul nama Hong Tang. Dengan munculnya cara baru ini, banyak juga kedai bubble tea yang mulai membuat menu baru dengan cara penyajian dengan es serut. 


Blackball Grass Jelly

Saya pernah mencoba Blackball sebelumnya. Menurut saya, rasa yang ditawarkan agak tawar dan tidak banyak variasi rasa dilidah. Topping yang ada cukup banyak dan menarik. Tekstur yang ditawarkan juga lebih lembut dan tidak terlalu kenyal, sehingga banyak orang tua yang dapat mengkonsumsi blackball. Selain es serut, Blackball juga memiliki menu lain seperti bubble tea dan smoothies.
Blackball tersebar diberbagai mall di Indonesia, Malaysia, Taiwan, dan Singapore. Harga yang ditawarkan untuk semua menunya berkisar antara Rp 18.000,00 - Rp 45.000,00. 

Lain halnya dengan Hong Tang. Topping yang dimiliki juga banyak dan menarik, namun tekstur yang ditawarkan lebih kenyal dan keras. Misalnya tekstur bubble yang ada pada Hong Tang cenderung keras saat dikunyah dan hal ini sempat membuat mama saya tidak dapat mengkonsumsinya (hehehe). Rasa yang ditawarkan juga cenderung lebih manis dan lebih bervariasi. Secara pribadi, saya lebih menyukai Hong Tang karena memang pada dasarnya saya lebih menyukai makanan yang keras dan memiliki tekstur untuk dikunyah, terutama Q Ball-nya. Menu yang ditawarkan di Hong Tang juga lebih beragam, selain makanan dingin mereka juga memiliki bubble tea dan makanan panas, seperti berbagai macam bubur kacang. 
Hong Tang baru memiliki 3 cabang, yaitu PIK, Central Park, dan Summarecon Serpong. Harga yang ditawarkan untuk semua menunya berkisar antara Rp 15.000,00 - Rp 45.000,00.


 Grass Jelly Dessert and Q Ball Dessert
                                                                      

Setelah Blackball dan Hong Tang, kini muncul satu merek lagi yang sedang naik daun, yaitu SumoBoo. Sama halnya dengan Blackball dan Hong Tang, SumoBoo juga menjual berbagai es serut dengan berbagai topping. Selain itu, ia juga menjual berbagai makanan ringan, mochi, beer, dan sake. SumoBoo terkenal dengan BOO!! Kakigori, yaitu es serut yang dipadukan dengan selai dan eskrim. Hal yang menarik mengenai BOO!! Kakigori adalah bentuk penyajiannya yang lucu dan menyerupai beruang.


Strawberry BOO!! Kakigori, Mixed Pudding, and Grass Jelly

Menurut saya, untuk es serut dengan topping bubble-nya memiliki rasa yang cukup enak. Topping dan tampilan penyajiannya sudah menarik. Tekstur toppingnya pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu tawar. Rasa pudding yang dimiliki juga banyak dan memiliki rasa yang enak. SumoBoo juga terkenal dengan salah satu es serutnya yang memiliki topping nutella, namun sayangnya saya kehabisan :(
Untuk rasa BOO!! Kakigori, rasa asam dari strawberry jam membuat es ini terasa segar di lidah. Topping yang simple membuat es serut ini terasa lebih ringan dan tidak eneg. Sangat cocok untuk Jakarta yang panas! :)
SumoBoo terletak di PIK, dengan kisaran harga untuk semua menunya antara Rp 18.000,00 - Rp 58.000,00.

Sooo guys, yang mana favorite kalian?? :)
yang jelas, semua es itu bisa membuat HAPPY TUMMY!


if there is any request, just feel free to contact me!

FB : Marcella Chen

Twitter : @Cellachen

Ig : Cellac

3 comments:

  1. hahaha cobain priss!! enak :9

    yang macem hongtang biasa line...tp yg lainnya enak hehehe

    ReplyDelete