Friday, September 26, 2014

#JAKARTAREPOSEPROJECT - Grace Wijaya


Nama              : Grace Wijaya

Umur              : 16 tahun

Pekerjaan       : Pelajar


Walaupun masih duduk di bangku kelas 2 SMA, waktu luang yang dimiliki Grace juga tidaklah banyak. Ia mengaku kegiatan sehari-harinya di isi dengan aktivitas lain seperti les tambahan. 

Alasan lain yang membuat waktu luangnya menjadi sedikit adalah karena sekolah tempat ia belajar merupakan salah satu sekolah unggulan yang banyak memberikan tugas dan ulangan. Waktu luang yang ia miliki hanya saat weekend, libur nasional, atau pada malam hari, itu juga jika tidak ada tugas dan ulangan yang menunggu.

Saat weekend, ia terkadang mengisi waktu luangnya di luar rumah, seperti pergi ke mall bersama keluarganya, sedangkan bila sedang di rumah ia lebih memilih untuk tidur, menonton youtube, atau drama Korea. Ia mengaku tempat yang ia sukai untuk menghabiskan waktu luangnya tergantung dengan mood-nya. Bila ia merasa bosan di rumah, maka ia akan pergi ke Mall yang dekat. Namun bila ia juga merasa bosan di Mall, maka ia akan memilih untuk browsing di internet untuk mencari informasi baru. Selain pergi ke Mall, tempat lain yang sering ia kunjungi adalah restaurant untuk sekedar ngumpul-ngumpul dan makan.

Ia sering memilih Mall sebagai tempat menghabiskan waktu luangnya karena ia merasa ia mendapatkan suasana baru dan menyenangkan saat berada di Mall. Mall pilihan yang dituju juga hanya yang dekat dengan rumah saja, seperti Puri Indah Mall dan Central Park, kecuali jika ia memiliki waktu luang yang cukup banyak maka ia akan pergi ke Mall yang lebih jauh. Ia juga mengaku kadang malas pergi ke tempat yang jauh karena adanya resiko kemacetan yang besar.

Bila ia pergi bersama teman, ia akan menghabiskan waktu luangnya untuk jalan-jalan, makan, atau menonton. Namun sebagian besar waktunya akan dihabiskan untuk berkumpul di suatu restaurant untuk makan dan berbincang-bincang. Ia juga mengaku bahwa ia tidak terlalu mempedulikan tempat yang akan dikunjungi, ia lebih mempedulikan orang yang akan di ajak pergi. Jika ia memiliki teman untuk diajak nongkrong, maka tempat apapun akan menjadi menyenangkan untuknya. Baginya sendiri, setiap pertemuan yang ia jalankan memiliki maknanya masing-masing, karena ia mendapatkan hal baru dari setiap pertemuan yang dijalankan.

Membuka social media juga menjadi pilihan untuk mengisi waktu luangnya. Ia memilih Instagram sebagai social media yang paling sering ia buka, hal ini dikarenakan Instagram lebih menarik dengan berbagai gambar yang di post. Ia juga menggunakan Instagram sebagai media yang digunakan untuk mencari informasi baru atau events melalui “Explore”.

Untuk masalah biaya, jumlah yang digunakan untuk waktu luangnya berkisar antara 30% - 50% dari total pengeluarannya. Jika sedang waktu liburan, maka uang yang akan dikeluarkan tentunya akan semakin banyak. Walaupun begitu, Grace juga tetap menyisihkan uangnya untuk ditabung. 

No comments:

Post a Comment